Tingkatkan Kapasitas Guru-Murid lewat Program Sekolah Masa Depan

Jum'at, 27 Juli 2018 - 01:32 WIB
Tingkatkan Kapasitas Guru-Murid lewat Program Sekolah Masa Depan
Tingkatkan Kapasitas Guru-Murid lewat Program Sekolah Masa Depan
A A A
JAKARTA - Program Sekolah Masa Depan yang digagas Louis Dreyfus Company (LDC) dinilai mampu meningkatkan kapasitas bagi murid dan guru. Hal itu terlihat dari tahun lalu, di mana program ini telah sukses dilaksanakan secara perdana di Lampung.

Tahun ini LDC melirik dua kota untuk menerapkan Program Sekolah Masa Depan, yakni Jakarta dan Balikpapan, yakni melalui peningkatan fasilitas sekolah, pelatihan untuk guru dan orang tua, serta pelibatan murid secara aktif.

Di Jakarta, LDC bermitra dengan SDN 01 Gambir di Jalan Medan Merdeka Timur, tepatnya terletak di dalam kompleks Galeri Nasional Indonesia. Sementara di Balikpapan, LDC yang memiliki dan menjalankan kompleks pengilangan minyak kelapa sawit terpadu bekerja sama dengan SDN 004 Penajam di Pantai Lango, Kecamatan Penajam. Kedua sekolah tersebut memiliki lebih dari 500 siswa dan 34 guru, dan dipilih setelah melalui pengkajian kebutuhan yang menyeluruh.

Dalam hal peningkatan fasilitas sekolah, LDC mendukung renovasi lapangan basket untuk SDN 01 Gambir di Jakarta, serta pembangunan sumur dalam dan toilet tambahan, serta renovasi lapangan umum di SDN 004 Penajam di Balikpapan.

Dengan melibatkan keahlian WeTheTeachers, sebuah organisasi di Indonesia yang merancang dan menjalankan program peningkatan kapasitas profesional guru, program Sekolah Masa Depan ini akan mencakup pelatihan guru berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan berbasis nilai.

Pelatihan ini akan memberikan keahlian metode pengajaran yang kreatif, pelaksanaan di dalam kelas bagi para guru dan keterampilan pengembangan sekolah bagi kepala sekolah. WeTheTeachers juga akan memimpin suatu diskusi kelompok untuk para orang tua di masing-masing sekolah, demi membantu mereka memperkuat nilai-nilai positif kepada anak di rumah.

Sebagai sebuah komponen terakhir, pegawai kantor LDC di Jakarta dan kilang Balikpapan akan melakukan enam sesi bagi para murid di masing-masing sekolah untuk membagikan pengetahuan mengenai topik-topik yang terkait dengan bisnis LDC, yakni produksi makanan, pertanian, permasalahan dan nilai-nilai keberlanjutan.

Presiden Direktur LDC Indonesia Rubens Marques mengatakan perusahaan berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan masyarakat setempat. LDC senang dapat memperluas program CSR yang terbukti berhasil di Lampung ke Jakarta dan Balikpapan, dua lokasi operasional LDC yang sangat penting.

“Program ini terwujud berkat dukungan yang luar biasa besar dari Louis Dreyfus Foundation. Kami percaya, anak merupakan masa depan setiap bangsa. Dengan berinvestasi pada mereka, LDC berharap dapat berkontribusi lebih banyak bagi masa depan Indonesia yang berkesinambungan, sejalan dengan keinginan kami untuk berpartisipasi secara aktif dan jangka panjang di sektor pertanian Indonesia,” kata Rubens.

“Dengan mandat baru yang diperluas untuk mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat, Louis Dreyfus Foundation sangat senang dapat mewujudkan inisiatif LDC Indonesia ini. Dengan melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua dan murid, kami yakin program ini memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan hasil yang positif bagi masyarakat Jakarta dan Balikpapan melalui pemberdayaan sekolah setempat,” tambah Robert Serpollet, General Manager Louis Dreyfus Foundation.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4223 seconds (0.1#10.140)